Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan

Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan

Masalah pencernaan umumnya disebabkan oleh viru, bakteri atau karena salah makan. Pada saat pencernaan mengalami masalah, menjadikan perut tidak dapat menyerap nutrisi makanan tidak maksimal. Dan biasanya dapat berpengaruh pada hal yang lain.

Pencernaan yang bermasalah biasanya disertai dengan konstipasi, mual, muntah, diare, bahkan pusing serta keluar keringat dingin. AMaka jngan anggap remeh dan sepele, sebab dapat berkembang menjadi penyakit yang jauh lebih serius lagi.

Jika anda bermaksud mengatasi sakit pencernaan, Obat-obatan kimia tidak harus diminum. Berikut ini cara alami mengobati sakit pencernaan :

Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan
Tidak memakan makanan yang menimbulkan gas
Tidak mengonsumsi makanan-makanan yang dapat menyebabkan Anda buang gas. Antara lain seperti umbi-umbian (singkong, ketela rambat), sayuran seperti kol, brokoli, dan lain sebagainya.

Konsumsi kaldu
Kaldu buatan rumah rasanya pasti lezat. Selain itu, kaya kandungan nutrisi serta mineral yang diperlukan pencernaan.

Makan menu berserat
Banyak mengonsumsi makanan berserat, hindari menu yang terlalu kaya karbohidrat. Serat yang terdapat dalam karbohidrat akan jauh lebih sulit untuk diserap dan dicerna tubuh.

Serat yang dimakud terdapat pada makanan gandum-ganduman,oatmeal, buah berry-beryyan, sereal, apricot, plum, dan lain sebagainya.

Minum air putih
Biasakan meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari dan makanlah buah-buahan segar sebagai tambahan asupan air, agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Berolahraga
Dengn olahraga rutin, penyakit yang ada di dalam tubuh dapat dikontrol. Lkukan 30-45 menit dalam sehari, tubuh pun akan selalu dalam kondisi selalu fit serta bugar, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Makan secara perlahan
walaupun anda ada dalam keadaan lapar makanlah secara perlahan.Hindari makan terlalu cepat . Makan dengan suapan terlalu cepat dapat membuat makanan tidak akan dicercerna dengan baik. Bahkan makanan justru akan menjadi gas di dalam perut. Dan mengakibatkan terasa tidak nyaman, begah bahkan kram atau mual.

Hindari terlalu banyak makanan manis
Gula tidak mudah diproses di dalam tubuh, sehingga menyebabkan banyak terjadinya penyumbatan di mana-mana, dan akan lebih berbahaya apabila dibiasakan makan yabg manis-manis secara terus menerus.

Kurangi stres
Hindari membawa pulang pekerjaan kantor ke ruma, yang menyebabkan anda tak punya cukup waktu untuk beristirahat dan mengatasi stres. Pastikan tidur Anda cukup, serta nikmatilah tidur yang berkualitas.

Itulah cara alami mengobati sakit pencernaan. Yang terpenting adalah jaga makan dan makanan anda. Jika salah makan, maka akibatnya pencernan anda yang akan menanggung akibatnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar